Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division di Kelas IV SDN 06 Padang Besi

Ningsih, Rahayu Putri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division di Kelas IV SDN 06 Padang Besi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAHAYU_PUTRI_NINGSIH_1200722_5611_2016.pdf] Text
final_B1_6_RAHAYU_PUTRI_NINGSIH_1200722_5611_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada saat pembelajaran guru belum membentuk siswa dalam kelompok belajar heterogen dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membantu dan memotivasi dengan siswa lain dalam menguasai materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division di kelas IV SDN 06 Padang Besi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas IV SDN 06 Padang Besi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamtan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : (1) RPP pada siklus I diperoleh rata-rata 76,7% (B) meningkat menjadi 89,2% (SB) pada siklus II. (2) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I diperoleh rata-rata 75,0% (B) meningkat menjadi 92,8% (SB), pada aspek siswa yaitu 76,7% (B) meningkat menjadi 92,8% (SB). (3) Hasil belajar siswa pada siklus I 72,7 % meningkat menjadi 84,1% (SB) pada siklus II. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SDN 06 Padang Besi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif,Student Team Achievement
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:48
Last Modified: 21 Jul 2025 07:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15896

Actions (login required)

View Item
View Item