Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Metode Eksperimen di Kelas V SD Negeri 20 Muaro Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung

Nurti, Syafni (2012) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Metode Eksperimen di Kelas V SD Negeri 20 Muaro Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SYAFNI  NURTI_95426_493_2013.pdf] Text
final_B1_6_SYAFNI NURTI_95426_493_2013.pdf

Download (614kB)

Abstract

Berdasarkan kenyataan dan kondisi lapangan hasil pembelajaran IPA di kelas V SDN 20 Muaro Kec. Sijunjung Kab. Sijunjung hasil rendah, hal ini di sebabkan karena guru jarang melakukan percobaan untuk menemukan konsep sendiri dan masih menggunakan cara lama atau konvensional. Agar tercipta pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan Peneliti melakukan penelitian pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Eksperimen dengan tujuan untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 20 Muaro Kec. Sijunjung Kab. Sijunjung dengan menggunakan metode Eksperimen.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan menggunakan empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 20 Muaro terdiri dari 24 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data peneliti di peroleh melalui pengamatan dan hasil tes dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran metode Eksperinen ini yaitu: (1) Langkah Persiapan, (2) Langkah Pelaksanaan, (3) Tindak Lanjut.
Hasil penelitian menggambarkan peningkatan pada perencanaan hasil penilaian RPP yaitu pada siklus I 68,75%, sedangkan siklus II penilaian RPP 87,45%. Pada pelaksanaan aktifitas guru pada siklus I 65,45% sedangkan siklus II 83,9%, penilaian pada aspek siswa siklus I diperoleh 71,45%, sedangkan siklus II 85,7%. Dari hasil belajar Aspek Kognitif pada siklus I di peroleh 68,95 dan siklus II diperoleh hasil aspek kognitif nya 86,35, dari Aspek Afektif pada siklus I yaitu 68 dan siklus II aspek afektif nya 82,5, dan Aspek Psikomotor pada siklus I yaitu 72,85 dan siklus II 84,31. Dengan demikian penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil pembelajaran IPA siswa, baik dari aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), siswa kelas V SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:48
Last Modified: 21 Jul 2025 07:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15894

Actions (login required)

View Item
View Item