Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas IV SD Negeri 16 Campago Ipuh Bukittinggi

Susanti, Rita (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas IV SD Negeri 16 Campago Ipuh Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RITA_SUSANTI_09334_4207_2012.pdf] Text
final_B1_6_RITA_SUSANTI_09334_4207_2012.pdf

Download (594kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri 16 Campago Ipuh Bukittinggi Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, tes, dan lembar pengamatan. Pendekatan kooperatif tipe STAD merupakan pendekatan yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 4 atau 5 orang siswa. pendekatan ini dilakukan melalui lima tahap, dimulai dari pesentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individual dan rekognisi tim. Hasil pembelajaran siklus I pertemuan I, dari hasil penilaian RPP diperoleh presentase keberhasilan 75 %, Aspek guru diperoleh presentasi keberhasilan 69%, aspek siswa diperoleh presentase kebehasilan 67,5%, hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 62,7. Untuk siklus I pertemuan II, hasil penilai RPP diperoleh presentase keberhasilan 89,3 %, aspek guru diperoleh presentase keberhasilan 80,6%, aspek siswa 73 %, hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 75,36. Sedangkan pada siklus II, hasil RPP diperoleh presentase keberhasilan 92,8%, aspek guru 80,6% aspek siswa 95%, hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 85,3. Dengan demikian penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil pembelajaran IPS siswa, baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Pendekatan Cooperative Learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:48
Last Modified: 21 Jul 2025 07:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15892

Actions (login required)

View Item
View Item