Murti, Rita (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Metode Pemetaan Pikiran bagi siswa Kelas IV SDN 21 Cindakir Bungus Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RITA_MURTI_90838_3750_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RITA_MURTI_90838_3750_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RITA_MURTI_90838_3750_2013.pdf
Download (542kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman yang diperoleh dalam menulis karangan narasi di kelas IV SDN 21 Cindakir, masih banyak ditemukan siswa yang belum mampu membuat karangan sesuai dengan alur, tema, dan latar dengan baik dan benar, masih banyak siswa yang kurang mampu dalam penggunaan kata, kalimat yang kurang efektif, sukar mengungkapkan gagasan, kesulitan memilih kosa kata ketika membuat kalimat, bahkan tidak mampu mengembangkan ide secara sistematis. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk peningkatan tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan pascapenulisan pada pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan metode pemetaan pikiran bagi siswa kelas IV SDN 21 Cindakir Bumgus Kota Padang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2011/2011 di SDN 21 Cindakir Bungus Kota Padang, dengan subjek penelitian berjumlah 25 orang siswa. Yang dilaksanakan dengan dua siklus, yang terdiri kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Setelah dilakukan penelitian terungkap bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis karangan narasi, hal ini terlihat dari hasil penulisan karangan narasi dengan pemetaan pikiran yaitu pada siklus I tahap prapenulisan siswa memperoleh nilai rata-rata 69.8, pada tahap penulisan dengan nilai rata-rata 68.3 dan tahap pasca penulisan dengan rata-rata 73.3. sedangkan pada siklus II tahap prapenulisan siswa memperoleh nilai rata-rata 90.3, pada tahap penulisan dengan nilai rata-rata 86.8 dan tahap pasca penulisan dengan rata-rata 91. Dari hasil pengamatan dan rekapitulasi nilai yang diperoleh siswa, terlihat peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan metode pemetaan pikiran tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | enulis Karangan Narasi, Metode Pemetaan Pikiran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15886 |