Kontribusi Motivasi Belajar dan Suasana Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) Kelas X Pemasaran (PM) di SMK N 3 Padang

Ramadhani, Hira Zulia (2013) Kontribusi Motivasi Belajar dan Suasana Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) Kelas X Pemasaran (PM) di SMK N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HIRA_ZULIA_RAMADHANI_57643_1047_2013.pdf] Text
B1_5_HIRA_ZULIA_RAMADHANI_57643_1047_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan
dilapangan yaitu di SMK N 3 Padang, siswa kelas X yang memperoleh hasil
belajar ada yang belum sesuai standar kriteria minimum pada mata diklat KKPI
yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 75,00. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkap besarnya kontribusi motivasi belajar dan suasana lingkungan belajar
terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat KKPI kelas X Pemasaran (PM) di
SMK N 3 Padang. Penelitian ini merupakan deskriptif korelasional. Jenis data
yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun
data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai
motivasi belajar dan suasana lingkungan belajar melalui angket, sedangkan data
sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata KKPI. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran (PM) di SMK N 3 Padang
sebanyak 53 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini
adalah teknik acak (random sampling). Sampel dalam penelitian adalah siswa
kelas X Pemasaran (PM) di SMK N 3 Padang dengan menggunakan rumus Taro
Yomane adalah 35 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Program
SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 17.0. Dari hasil penelitian
didapatkan (1) Motivasi Belajar (X1) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar
sebesar 16,6 % (2) Suasana Lingkungan Belajar (X2) memberikan kontribusi
terhadap hasil belajar sebesar 15,2 % dan (3) Besarnya persentase sumbangan
variabel motivasi belajar (X1) dan suasana lingkungan belajar (X2) secara
bersama-sama terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 22,5 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR DAN SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:46
Last Modified: 21 Jul 2025 07:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item
View Item