Wahyuni, Syafitri (2012) Pengaruh Penggunaan Metoda Pembelajaran Explicit Intruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tekink Komputer Jaringan pada Mata Diklat keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Di SMK N 3 Pariaman. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SYAFITRI_WAHYUNI_87662_1132_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_SYAFITRI_WAHYUNI_87662_1132_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SYAFITRI_WAHYUNI_87662_1132_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas X TKJ tahun ajaran 2010/2011 di SMK Negri 3 Pariaman. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar ujian semester yang masih banyak dibawah kriteria KKM yang ditetapkan yaitu 7.00. penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah hasil belajar mata diklat KKPI yang menggunakan metoda pembelajaran Explicit Instruction lebih baik dari yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Negri 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 dan teknik dalam penentuan sampling adalah Posttest Only Control Design. yang menjadi sampel adalah kelas X TKJA sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes).
Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan metoda pembelajaran Explicit Instruction memiliki rata-rata (75.016) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan (66.45). Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung adalah 1.04. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini disebabkan karena pada metoda pembelajaran Explicit Instruction siswa dibimbing untuk dapat mengembangkan kemampuan dan potensinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Explicit Instruction, Posttest Only Control Design dan t-tes |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15884 |