Mailina, Rita (2015) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning di kelas I SDN 26 V Koto Kampung Dalam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RITA_MAILINA_56989_2074_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RITA_MAILINA_56989_2074_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RITA_MAILINA_56989_2074_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik terpadu di lapangan belum sepenuhnya terlaksana. Hal ini terlihat proses pembelajaran kurang terlaksana dengan maksimal sehingga siswa menjadi pasif dalam menerima materi pembelajaran. kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat teacher Center, siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran dan mempengaruhi hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan Model pembelajaran Discovery learning di Kelas I SDN 26 V Koto Kampung Dalam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peneliti (praktisi), guru (observer) dan siswa kelas I SDN 26 V Koto Kampung Dalam. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan tentang perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Sumber data adalah proses pembelajaran dengan model Discovery Learning. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah: a) perencanaan meningkat dari siklus I: 71.6% menjadi 92.2% pada siklus II. b) pengamatan praktik pembelajaran aspek siswa juga meningkat dari siklus I rata-rata adalah 71.87% meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. c) pengamatan praktik pembelajaran aspek guru siklus I rata-rata adalah 75% meningkat pada siklus II sebesar 90,62%. d) hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata adalah 3.02 meningkat pada siklus II sebesar 3.18. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik TerpadU, Pembelajaran Discovery Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:40 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15880 |