Hubungan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika.

Wulandari, Sri (2014) Hubungan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SRI_WULANDARI_96136_3036_2014.pdf] Text
B1_5_SRI_WULANDARI_96136_3036_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar matematika dipengaruhi oleh banyakfaktor. Salah satunya adalah motivasinya dalam belajar baik secara instrinsikmaupun ekstrinsik dalam belajar matematika. Motivasi belajar siswa dipengaruhioleh metode yang digunakan guru dalam PBM. Metode mengajar yang baik akanmempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika. Penelitian inibertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi siswa tentang metode mengajarguru, (2) mendeskripsikan motivasi belajar matematika, (3) menguji hubunganpersepsi siswa tentang metode mengajar guru dengan motivasi belajar matematikadi SMPN 31 Padang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yangmendeskripsikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan motivasibelajar siswa serta melihat hubungan persepsi siswa tentang metode mengajarguru dengan motivasi belajar matematika. Populasi penelitian ini berjumlah 688orang siswa SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014,dengan sampel berjumlah 170 orang yang dipilih dengan teknik Stratified RandomSampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan teknikstatistik untuk mencari skor persentase, untuk melihat hubungan persepsi siswatentang metode mengajar guru dengan motivasi belajar siswa digunakan teknikPearson Product Moment Correlation melalui program statistik SPSS forwindows release 15.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang metodemengajar guru di SMPN 31 Padang tergolong negatif (2) motivasi belajarmatematika siswa di SMPN 31 Padang tergolong sedang, (3) terdapat hubunganyang signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan motivasibelajar matematika di SMPN 31 Padang dengan rhitung sebesar 0,343 pada tarafsignifikansi 0,000. Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada guruBimbingan dan Konseling agar dapat memberikan layanan BK seperti layananinformasi untuk membantu siswa dalam menngkatkan motivasi belajar siswa dandiharapkan kepada guru mata pelajaran agar dapat meningkatkan metodemengajar yang baik dan menyenangkan bagi siswa serta memotivasi belajar siswadalam pelajaran matematika melalui pemberian penguatan berupa penghargaan,pujian, hadiah, dan memberikan kesempatan siswa untuk bertanya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE MENGAJAR, MOTIVASI BELAJAR SISWA, PELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:40
Last Modified: 21 Jul 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15877

Actions (login required)

View Item
View Item