Syafardi, Syafardi (2015) Peningkatan Hasil Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Menggunakan Strategi Quantum Teaching di Kelas IV SDNegeri 18 Karan Aur Kota Pariaman. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SYAFARDI_56665_3472_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_SYAFARDI_56665_3472_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SYAFARDI_56665_3472_2015.pdf
Download (692kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS belum menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif. Mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan Strategi Quantum Teaching di Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa 12 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian meliputi,(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) tindakan dan pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukan RPP siklus I pertemuan I dan 2 rata-rata 85,71% kualifikasi baik, siklus II pertemuan I 92,85% kualifikasi sangat baik. Penilaian pelaksanaan tindakan guru siklus I pertemuan I dan 2 rata-rata 84,09% kualifikasi baik siklus II pertemuan I 97,73% kualifikasi sangat baik. Penilaian pelaksanaan tindakan siswa siklus I pertemuan I dan 2 rata-rata 79,55% kualifikasi cukup siklus II pertemuan I 95,45% kualifikasi sangat baik. Belajar siswa siklus I pertemuan I dan 2 rata-rata 72,56% kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II pertemuan I 90,14% kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Strategi Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pembelajaran IPS, Quantum Teaching, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah Dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15874 |