Hayati, Rita (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Cooperatif Learning Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 16 Naras Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RITA_HAYATI_09737_4397_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RITA_HAYATI_09737_4397_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RITA_HAYATI_09737_4397_2012.pdf
Download (425kB)
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan penulis ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 16 Naras. Hal ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya pembelajaran yang diberikan guru lebih menekankan pada kemampuan siswa menghapal teori tanpa pengembangan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul, sehingga dalam pembelajaran siswa menjadi pasif. Seharusnya, pembelajaran IPA yang dilakukan harus menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan karena pembelajaran IPA sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPA dapat dilakukan dengan membimbing, menuntun, mengarahkan dan memotivasi siswa untuk mencari tahu materi yang dipelajarinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penggunaan Kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajara siswa di kelas IV SDN 16 Naras Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan hasil belajar siswa dari studi sebelum tindakan ketuntasan belajar siswa 52% dengan rata-rata nilai 55, setelah tindakan dilakukan dari siklus I sampai siklus II melalui perbaikan pada proses pembelajaran mengalami peningkatan,dimana ketuntasan belajar siswa siklus I penilaian RPP 82,93% meningkat pada siklus II yaitu 91,05%, Untuk aspek guru pada siklus I mencapai persentase 81,24% meningkat pada siklus II yaitu 93,74%. Aspek siswa 73,21% meningkat pada siklus II yaitu 89,58%, aspek kognitif rata-rata 7,48 meningkat pada siklus II yaitu 8,52 , penilaian aspek afektif rata-rata 7,48 meningkat pada siklus II yaitu 9,02, penilaian aspek psikomotor rata-rata 7,6 meningkat pada siklus II yaitu 9,86. Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran IPA dengan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN 16 Naras Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA, Cooperatif Learning Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:30 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15865 |