Lora, Suwitta (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SDN 03 Talago Sarik Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SUWITA_LORA_09736_3420_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_SUWITA_LORA_09736_3420_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SUWITA_LORA_09736_3420_2012.pdf
Download (175kB)
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan penulis ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 03 Talago Sarik. Hal ini disebabkan pembelajaran yang diberikan guru lebih menekankan pada kemampuan siswa menghapal teori tanpa pengembangan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul, sehingga dalam pembelajaran siswa menjadi pasif. Seharusnya, pembelajaran IPA yang dilakukan harus menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan karena pembelajaran IPA sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas V SDN 03 Talago Sarik Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan langkah-langkahnya yaitu Konstruvisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan,refleksi dan penilaian sebenarnya Nilai ketuntasan belajar IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, di mana pada siklus I rata -rata penilaian RPP 80,35,% meningkat pada siklus II yaitu 90,84%, Untuk aspek guru pada siklus I mencapai persentase 85,71% meningkat pada siklus II yaitu 94,63%. Aspek siswa 73,21% meningkat pada siklus II yaitu 85,60%, nilai kognitif siswa adalah 64 % meningkat pada siklus II yaitu 92 , aspek afektif dengan rata-rata 73,08 meningkat pada siklus II yaitu 84,24 , aspek psikomotor dengan rata-rata 76,64 meningkat pada siklus II yaitu 87,28. Pada siklus II angka-angka tersebut meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN No. 03 Talago Sarik Kecamatan Pariaman Timur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pembelajaran IPA, pendekatan kontekstual, penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15863 |