Busri, Rita (2013) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Keliling Jajargenjang dan Segitiga dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di Kelas IV SD Jamiyyatul Hujaj Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RITA_BUSRI_09356_294_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RITA_BUSRI_09356_294_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RITA_BUSRI_09356_294_2013.pdf
Download (331kB)
Abstract
Berdasarkan penelitian peneliti di SD Jamiyyatul Hujaj serta hasil wawancara terhadap siswa dan guru kelas IV, siswa kurang mampu menyelesaikan soal cerita Keliling Jajargenjang dan Segitiga serta pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru tidak bermakna dan tidak membangkitkan keaktifan, kekreatifan, serta keterampilan siswa dalam menyelesaikam masalah. Hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah. Untuk itu penulis melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran soal cerita Keliling Jajargenjang dan Segitiga dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar soal cerita keliling jajargenjang dan segitiga dengan Pendekatan RME di kelas IV SD Jamiyyatul Hujaj Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Jamiyyatul Hujaj Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan II siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam peneitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari hasil belajar sebelum penelitian. Setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 60,08, dan pada pertemuan 2 menjadi 72,03. Karena hasil belajar sedikit berada di atas KKM, maka dilanjutkan ke siklus 2 agar hasil belajar dapat diusahakan lebik baik. Pada tindakan siklus II pertemuan 1 rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 80,58. Hasil pengamatanpun terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita Keliling Jajargenjang dan Segitiga.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar, Cerita Keliling Jajargenjang, Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15862 |