Ulni, Elvira Khori (2017) Pengembangan Game Makobi terhadap Kemampuan Kognitif di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_ELVIRA_KHORI_ULNI_1300745_456_2017.pdf [thumbnail of final_B1_07_ELVIRA_KHORI_ULNI_1300745_456_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_ELVIRA_KHORI_ULNI_1300745_456_2017.pdf
Download (786kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game makobi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model Borg dan Gall yang terdiri dari 9 langkah. Subjek uji coba terdiri dari 64 anak (15 anak untuk kelompok kecil, 49 anak untuk kelompok besar). Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan validasi ahli. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa game makobi layak diuji coba. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan 100% anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH), sedangkan uji coba kelompok besar menunjukkan 24,5% anak kategori berkembang sangat baik (BSB), 73,5% kategori BSH, dan 2% kategori mulai berkembang (MB). Game makobi terbukti efektif untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Makobi, Kemampuan Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:27 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15855 |