Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Rekorder Siswa Menggunakan Metode Kerja Kelompok di SMP Negeri 3 Bukittinggi

Mudhiah, Yorinda Tri (2016) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Rekorder Siswa Menggunakan Metode Kerja Kelompok di SMP Negeri 3 Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YORINDA_TRI_MUDHIAH_1205422_4972_2016.pdf] Text
final_B1_6_YORINDA_TRI_MUDHIAH_1205422_4972_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang penulis hadapi di sekolah bahwa hasil belajar siswa kelas VIII.5 dalam pembelajaran rekorder masih belum memuaskan. Faktor timbulnya permasalahan ini diantaranya: kurangnya persediaan alat musik rekorder di sekolah sehingga guru hanya menggunakan metode ceramah pada pembelajaran rekorder dan guru merasa khawatir tidak sanggup memberikan metode yang sesuai dengan materi. Faktor timbulnya rasa tidak yakin akan kemampuan pengelolaan kelas, karena suasana kelas pada pembelajaran musik rekorder sulit dikendalikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 3 Bukittinggi. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian kualitatif deskriptif dengan menerapkan metode kerja kelompok agar upaya meningkatkan hasil belajar rekorder siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok dalam pembelajaran rekorder bisa mencapai hasil yang diharapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar rekorder siswa kelas VIII.5 dengan menggunakan metode kerja kelompok menuai keberhasilan. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil rata-rata free test yang hanya 65,43. Pada post test pertemuan pertama hasil rata-rata menjadi 72,75. Pada post test pertemuan kedua hasil rata-rata menjadi 78,53. Pada akhir pertemuan dilakukan UH, hasil rata-ratanya semakin meningkat menjadi 82,56. Dari hasil post test yang yang telah dilakukan jelas terlihat peningkatan hasil belajar rekorder siswa menggunakan metode kerja kelompok, dengan demikian metode kerja kelompok sangat besar pengaruhnya terhadap hasil pembelajaran Seni Budaya di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Kerja Kelompok, Pembelajaran Rekorder, Hasil Belajar Seni Budaya, Siswa Kelas VIII SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:25
Last Modified: 21 Jul 2025 05:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15853

Actions (login required)

View Item
View Item