Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Alphabet Book di Taman Kanak-Kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan

Gusnita, Elvira (2019) Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Alphabet Book di Taman Kanak-Kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_ELVIRA_GUSNITA_15022131_1024_2019.pdf] Text
final_B1_07_ELVIRA_GUSNITA_15022131_1024_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini melalui media Alphabet Book. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf, menyusun huruf konsonan dan vokal menjadi kata, serta meniru bentuk huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek 15 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal huruf dari kategori "berkembang sesuai harapan (BSH)" di siklus I ke kategori "berkembang sangat baik (BSB)" di siklus II, dengan tingkat ketuntasan mencapai 85%. Dapat disimpulkan bahwa Alphabet Book efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengenal Huruf, Alphabet Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:24
Last Modified: 21 Jul 2025 05:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15848

Actions (login required)

View Item
View Item