Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik Bagi Siswa Kelas IV SDN 07 Sungai Jaring Kecamatan Lubuk Basung Kab.Agam

Gusnilawati, Gusnilawati (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik Bagi Siswa Kelas IV SDN 07 Sungai Jaring Kecamatan Lubuk Basung Kab.Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_GUSNILAWATI_52501_990_2016.pdf] Text
B1_6_GUSNILAWATI_52501_990_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam
pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
peningkatan proses belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan
menerapkan pendekatan Saintifik.
Dari hasil penelitian menunjukkan pada siklus I penilaian terhadap RPP
mendapat persentase rata-rata nilai 63% dengan prediket kurang, pada siklus II
meningkat menjadi 75 dengan prediket baik, dan pada siklus III meningkat
menjadi 80 (Baik). Aktivitas siswa mendapatkan persentase rata-rata nilai 75%
pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 80%, dan semakin meningkat
pada siklus III yaitu 90%. Penilaian terhadap proses dan hasil belajar pada siklus I
diperoleh persentase rata-rata nilai 60 (Kurang), pada siklus II meningkat menjadi
78 (Cukup), dan semakin meningkat pada siklus III yaitu 89 dengan prediket
sangat baik. Pada proses pembelajaran siswa mengikuti penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Pada siklus I rata-rata pada penilaian sikap adalah
2.44 dengan prediket B- (Baik), pada siklus II dengan nilai rata-rata 3.10 dengan
prediket B+ (Baik) dan lebih meningkat pada siklus III nilai rata-rata 3.82 dengan
prediket A (Sangat Baik), penilaian pengetahuan rata-rata pada siklus I adalah
2.51 dengan prediket B- (Baik), pada siklus II 2.82 dengan prediket B (baik), dan
meningkat pada siklus III 3.44 dengan prediket A- (Sangat Baik), dan pada
penilaian keterampilan pada siklus I 2.51 dengan prediket B- (Baik), pada siklus II
2.75 dengan prediket B (Baik) dan meningkat pada siklus III 3.12 dengan prediket
A- (Sangat Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:24
Last Modified: 21 Jul 2025 05:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15847

Actions (login required)

View Item
View Item