Meilani, Rahayu (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing di Kelas V SDN 07 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAHAYU_ MEILANI_54310_5150_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAHAYU_ MEILANI_54310_5150_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAHAYU_ MEILANI_54310_5150_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang dilakukan
secara konvensional oleh guru serta hasil belajar siswa yang rendah. Pembelajaran
hanya bersifat individual sehingga siswa menjadi kurang aktif. Standar ketuntasan
belajar yang ditetapkan dalam pembelajaran PKn belum tercapai. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn dengan model kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas V
SDN 07 Ulak Karang Selatan Kota Padang.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas V SDN 07 Ulak Karang Selatan Kota
Padang.Pengamatan di lakukan dengan menggunakan lembar pengamatan RPP,
Lembar pengamatan Aspek Guru dan Siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus dimana setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam masing – masing aspek
a)RPP pada siklus I memperoleh nilai 87,48% dengan kualifikasi sangat baik
(SB), meningkat menjadi 100% dengan Kualifikasi SB pada siklus II, b)
pelaksanaan pembelajaran PKn dari aspek guru pada siklus I memperoleh nilai
81,8 % dengan kualifikasi sangat baik (SB) meningkat menjadi 97,7% dengan
kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II.Pada aspek siswa siklus 1 memperoleh
nilai 67,9% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 90,9% dengan
kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II, c) hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn siswa mengalami peningkatan dari 74,1dengan kualifikasi B
(B) pada siklus I menjadi 84,05 dengan kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II.
Dengan demikian, model kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan
hasil belajar PKn di kelas V SDN 07 Ulak Karang Selatan Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kewarganegaraan,Model Kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:23 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15845 |