Rahayu, Gusni (2014) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda Dengan Model Pembelajaran Scaffolding di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Bandar Buat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_GUSNI_RAHAYU_54323_4765_2014.pdf [thumbnail of B1_6_GUSNI_RAHAYU_54323_4765_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_GUSNI_RAHAYU_54323_4765_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penjumlahan pecahan berpenyebut
berbeda belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Guru belum
mempertimbangkan perbedaan ZPD siswa dalam pembelajaran. Sehingga KKM
belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan,
pelaksanaan dan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan
model pembelajaran scaffolding.
Pendekatan yang yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil
tindakan dari hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah proses
pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan menggunakan
model pembelajaran scaffolding. Subjek penelitian adala guru, peneliti dan siswa
kelas IV sebanyak 24 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) perencanaan, siklus I
75%, siklus II 92%, meningkat 17,9%, b) pelaksanaan, aktivitas guru siklus I
79,7%, siklus II 90,6%, meningkat 10,9%. Aktivitas siswa siklus I 79,7%, siklus
II 90,6%, meningkat 10,9%. c) hasil belajar siklus I 75, siklus II 83,0, meningkat
8,0 poin. Berarti, model pembelajaran scaffolding dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di
kelas IV SD 01 Bandar Buat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:23 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15843 |