Pengaruh Role Playing Terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-Kanak Twin Course Pasaman Barat

Yulianti, Elvi (2019) Pengaruh Role Playing Terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-Kanak Twin Course Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_ELVI_YULIANTI_14022039_4737_2020.pdf] Text
final_B1_07_ELVI_YULIANTI_14022039_4737_2020.pdf

Download (858kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang menariknya media yang digunakan dalam pengenalan literasi numerasi serta rendahnya minat anak-anak terhadap kegiatan numerasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap pengenalan literasi numerasi pada anak-anak di TK Twin Course Pasaman Barat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment, melibatkan dua kelompok (eksperimen dan kontrol) masing-masing sebanyak 12 anak. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil menunjukkan rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen lebih tinggi (87,5) dibandingkan kelompok kontrol (78,75), dan uji hipotesis menunjukkan thitung (2,667) > ttabel (2,074) pada α = 0,05. Hal ini membuktikan bahwa role playing berpengaruh secara signifikan terhadap pengenalan literasi numerasi anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Literasi Numerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:23
Last Modified: 21 Jul 2025 05:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15842

Actions (login required)

View Item
View Item