Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 02 V Koto Timur Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman.

Erlina, Rita (2012) Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 02 V Koto Timur Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RITA ERLIA_93630_5472_2012.pdf] Text
final_B1_6_RITA ERLIA_93630_5472_2012.pdf

Download (846kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di SD Negeri 02 V Koto Timur Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman bahwa dalam proses pembelajaran IPA masih didominasi oleh guru sehingga siswa kurang aktif dan siswa kurang dilibatkan dalam belajar, Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 02 V Koto Timur Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan, dan refleksi. Pendekatan kualitatif adalah data yang muncul berwujud kata-kata dan pendekatan kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka dalam penyajian data yang menggunakan uji statistika. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas V SD Negeri 02 V Koto Timur Kecamatan V Koto Timur Kabupaten padang Pariaman. Hasil penilaian penelitian menunjukan rata-rata ketercapaian yang diperoleh guru dalam perencanaan yaitu penyusunan RPP pada siklus I 62,4 % dengan (kriteria cukup) dan siklus II 82 % dengan (kriteria sangat baik). Pelaksanaan dalam aktivitas guru diperoleh pada siklus I 64,2% dengan (kriteria cukup) dan siklus II 85,7 % dengan ( kriteria sangat baik). Pelaksanaan dalam aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 64,2% dengan (kriteria cukup) dan siklus II 82% dengan (kriteria sangat baik). Hasil belajar siswa diperoleh rata-rata pada siklus I 67,8 dengan ( kriteria cukup). Sedangkan pada siklus II 77,8 dengan ( kriteria baik). Dengan demikian hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:22
Last Modified: 21 Jul 2025 05:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15839

Actions (login required)

View Item
View Item