Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Menggunakan Model Pembelajaran Learning Starts with a Question di Kelas III SDN 11 Lolong Kota Padang

Lukman, Lillah (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Menggunakan Model Pembelajaran Learning Starts with a Question di Kelas III SDN 11 Lolong Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LILLAH_LUKMAN_18071_2224_2015.pdf] Text
final_B1_6_LILLAH_LUKMAN_18071_2224_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa dengan penggunaan model pembelajaran learning starts with a question pada siswa kelas III SDN 11 Lolong Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan keterampilan membaca intensif pada tahapan prabaca, saatbaca, dan pascabaca pada siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan langkah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan penelitian dimulai dengan kegiatan pengamatan awal serta penyusunan rancangan pembelajaran, kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Peneliti bertindak sebagai praktisi dalam melaksanakan proses pembelajaran, yang diamati oleh observer yaitu guru kelas III SD dan teman sejawat. Subjek dari penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III SDN 11 Lolong Kota Padang yang berjumlah 28 orang yang terdiri atas 14 anak laki-laki dan 14 perempuan. Bardasarkan hasil penelitian pada Siklus I dan Siklus II menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran learning starts with a question dalam pembelajaran membaca intensif pada siswa kelas III SDN 11 Lolong Kota Padang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa. Dimana aktivitas guru memperoleh persentase pada siklus I sebanyak 75 % (baik), dan siklus II sebanyak 86,36% (sangat baik). Aktivitas siswa memperoleh persentase pada siklus I sebanyak 68,18% (cukup), dan siklus II sebanyak 79,54% (baik). Serta hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 67,14 dan siklus II dengan rata-rata 89,17.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca, model pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:21
Last Modified: 21 Jul 2025 05:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15836

Actions (login required)

View Item
View Item