Gusnety, Gusnety (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SDN 24 Lareh Nan Panjang Atar Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_GUSNETY_50864_6296_2016.pdf [thumbnail of B1_6_GUSNETY_50864_6296_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_GUSNETY_50864_6296_2016.pdf
Download (783kB)
Abstract
Permasalahan yang akan di teliti adalah bagaimana penggunaan metode
problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS
di kelas IV SDN 24 Lareh Nan Panjang Atar Kecamatan Padang Ganting.
Penelitian ini berawal dari masih dominannya guru dalam menggunakan metode
ceramah dan tanya jawab serta guru kurang memberikan variasi dengan model
pembelajaran yang lain sehingga siswa menjadi pasif dan tidak kreatif yang
mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPS.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 24 Lareh Nan Panjang Atar
dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Langkah-langkah pembelajaran problem solving adalah: 1) menyadari
permasalahan yang akan di pecahkan, 2) merumuskan permasalahan yang ada, 3)
membuat / merumuskan hipotesis / mencari data dan merumuskan hipotesis, 4)
menghimpun data atau informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan
masalah, 5) menguji hipotesis, dan 6) menentukan penyelesaian masalah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran IPS. Siklus I penilaian Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran memperoleh rata-rata 69,5% dengan kriteria cukup, meningkat pada
Siklus II menjadi 82% dengan kriteria sangat baik. Penilaian dari aspek guru pada
siklus I memperoleh rata-rata 75% dengan kriteri baik, meningkat pada siklus II
menjadi 92% dengan kriteria sangat baik. Penilaian dari aspek siswa pada siklus I
memperoleh rata-rata 75% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi
84% dengan kriteria sangat baik.sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I
memperoleh rata-rata nilai 72 dan meningkat pada siklus II menjadi 81. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS di kelas IV SDN 24 Lareh Nan Panjang Atar kecamatan Padang
Ganting.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:20 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15833 |