Kontribusi Pemanfaatan Fasilitas Praktikum dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan

Absan, Arief Maulana (2016) Kontribusi Pemanfaatan Fasilitas Praktikum dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ARIEF_MAULANA_ABSAN_1203056_017_2017.pdf] Text
B1_05_ARIEF_MAULANA_ABSAN_1203056_017_2017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini untuk melihat adanya kontribusi/sumbangan Pemanfaatan
Fasilitas Praktikum dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar
Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika siswa Kelas X TAV SMK Negeri 1 Koto
XI Tarusan. Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yang ditetapkan untuk Hasil
Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika siswa kelas X TAV SMK Negeri 1
Koto XI Tarusan adalah 75 dengan rentang nilai (0 - 100). Kenyataannya hasil
belajar diperoleh di sekolah bahwa 29,03 % siswa memperoleh nilai < 75 dan
70,97 % siswa memperoleh nilai ≥ 75 pada tahun ajaran 2015/2016.
Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi
Pemanfaatan Fasilitas Praktikum dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama
maupun parsial terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika
siswa kelas X TAV SMK N 1 Koto XI Tarusan. Populasi dan sampel penelitian
ini berjumlah 31 Siswa. Data Pemanfaatan Fasilitas Praktikum (X1) dan
Kecerdasan Emosional (X2) dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada
Siswa kelas X TAV SMK N 1 Koto XI Tarusan dengan menggunakan skala
Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan data Hasil Belajar
(Y) diambil dari nilai rata-rata Akhir yang didapat oleh siswa dari pihak sekolah
SMK N 1 Koto XI Tarusan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahwa (1) Fasilitas Praktikum dan
Kecerdasan Emosional secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan
terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika siswa kelas X
Program keahlian TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan sebesar 59,1%, (2) Fasilitas
Praktikum berkontribusi secara signifikan terhadap Hasil Belajar siswa kelas X
Program keahlian TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan sebesar 21,43%, (3)
Kecerdasan Emosional berkontribusi secara signifikan terhadap Hasil Belajar
siswa kelas X Program keahlian TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan sebesar
sebesar 22,18%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Fasilitas Praktikum dan
Kecerdasan Emosional secara bersama-sama maupun parsial berkontribusi
terhadap Hasil Belajar Menerapkan dasar-dasar Elektronika siswa kelas X
Program keahlian TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan tahun ajaran 2015/2016,
semakin optimal Pemanfaatan Fasilitas Praktikum dan semakin optimalnya
Kecerdasan Emosional, maka Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika
juga semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Praktikum Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:19
Last Modified: 21 Jul 2025 05:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15831

Actions (login required)

View Item
View Item