Pengembangan Assessment Pembelajaran Fisika Berdasarkan Kisi-Kisi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian Nasional Tingkat SMA/MA

Andrian, Wicky (2014) Pengembangan Assessment Pembelajaran Fisika Berdasarkan Kisi-Kisi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian Nasional Tingkat SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WICKY_ANDRIAN_86242_871_2014.pdf] Text
B1_5_WICKY_ANDRIAN_86242_871_2014.pdf

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa masih ada siswa yang tidak lulus dalam mengikuti ujian nasional. Berbagai cara dan upaya dilakukan oleh pemerintah dan satuan pendidikan untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Salah satu yang dilakukan satuan pendidikan adalah pelajaran tambahan
kelas XII untuk persiapan dalam menghadapi ujian nasional. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan buku Assessment fisika berdasarkan SKL ujian nasional tingkat SMA/MA yang valid dan praktis.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D).Sebagai objek penelitian yaitu Assessment fisika berdasarkan SKL ujian nasional tingkat SMA/MA dan subjek uji coba adalah siswa kelas XII MA Negeri 1 Talukkuantan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli dan angket respon guru terhadap buku Assessment fisika berdasarkan SKL ujian nasional tingkat SMA/MA, serta tes
soal uji coba. Pada penelitian ini telah berhasil dibuat buku Assessment fisika berdasarkan SKL ujian nasional tingkat SMA/MA. Uji validitas yang dilakukan oleh 7 orang validator dalam aspek isi buku, aspek bahasa, aspek penyajian, efek bagi pembelajaran dan tampilan secara menyeluruh menunjukkan bahwa buku Assessment fisika berdasarkan SKL ujian nasional tingkat SMA/MA yang
dihasilkan valid dengan nilai rata-rata 78,96. Hasil uji praktikalitas dalam aspek kepraktisan buku, menunjukkan buku ini sangat praktis bagi guru dengan nilai rata-rata 81,98. Hasil uji coba terbatas tes soal latihan di dalam Assessment baik. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa Buku Assessment fisika berdasarkan SKL ujian nasional tingkat SMA/MA valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:17
Last Modified: 21 Jul 2025 05:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15821

Actions (login required)

View Item
View Item