Mailinda, Lili (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu di Kelas V SD Negeri 17 Bonjo Alam Kecamatan Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LILI_MAILINDA_50606_676_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_LILI_MAILINDA_50606_676_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LILI_MAILINDA_50606_676_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas V SD Negeri 17 Bonjo Alam Kecamatan Ampek Angkek dalam pembelajaran PKn, selama ini guru selalu menjadi pusat pembelajaran (teaching centered), dan guru sentris, kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, dan sering memberikan hafalan materi, sehingga siswa menjadi pasif. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar PKn belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 17 Bonjo Alam Kecamatan Ampek Angkek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pangamatan dan refleksi. Tekhnik pengumpulan dilaksanakan dengan observasi, tes, dan pengamatan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 17 Bonjo Alam. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan. (a) aspek perencanaan pada siklus I pertemuan I adalah 75,dengan persentase 75% pertemuan II, 78 dengan persentase 78% dan siklus II 93, persentase 93%. Aspek pelaksanaan aktifitas guru siklus I pertemuan I adalah 75, persentase 75%, pertemuan II, 78 , persentase 78%dan siklus II 94, persentase 94%.(b)aktifitas siswa siklus I pertemuan I adalah 78, persentase 78%, pertemuan II 84, persentase 84%,dan siklus II 94, persentase 94% Sedangkan hasil belajar siklus I pertemuan I 74, pertemuan II 80 dan siklus II 85, berarti ada peningkatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Dua Tinggal Dua Tamu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:16 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15820 |