Pengaruh Perilaku Etik Staf dan Informasi Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat

valentina, Vina (2014) Pengaruh Perilaku Etik Staf dan Informasi Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_VINA_VALENTINA_18507_2544_2014.pdf] Text
B1_5_VINA_VALENTINA_18507_2544_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar
pengaruh perilaku etik staf dan informasi terhadap kepuasan masyarakat dalam
pelayanan publik bidang kesehatan Kabupaten Pasaman Barat. Latar belakang
dilakukan penelitian ini adalah karena masih terdapat ketidakpuasan
masyarakat/publik atas pelayanan yang diberikan oleh petugas pemberi pelayanan
dalam bidang kesehatan. Ketidakpuasan yang dirasakan oleh masyarakat/publik
timbul karena pelayanan yang diterima tidak sesuai dengan pelayanan yang
diharapkan oleh masyarakat/publik itu sendiri.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi adalah
seluruh kepala keluarga yang berada di Kabupaten Pasaman Barat sebagai pengguna
layanan kesehatan. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan dapat
dihitung dengan cara acak terlapis (Stratified Random Sampling). Pengumpulan data
menggunakan angket dengan skala pengukuran skala likert. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan teknik regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku etik staf dan informasi
secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
masyarakat dalam pelayanan publik bidang kesehatan Kabupaten Pasaman Barat
sebesar 12,4%. Sedangkan jika dilihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel
terikat secara terpisah, maka perilaku etik staf dalam pelayanan publik bidang
kesehatan Kabupaten Pasaman Barat berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan masyarakat dengan kontribusi sebesar 9,7%. Sementara itu, informasi
juga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat bidang
kesehatan Kabupaten Pasaman Barat dengan kontribusi sebesar 11,6%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perilaku etik staf
dan informasi dalam pelayanan publik bidang kesehatan Kabupaten Pasaman
Barat berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:16
Last Modified: 21 Jul 2025 05:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15818

Actions (login required)

View Item
View Item