Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 03 Simpang Haru Kota Padang

Aresfa, Radilan (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 03 Simpang Haru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RADILAN_ARESFA_15651_3883_2014.pdf] Text
final_B1_6_RADILAN_ARESFA_15651_3883_2014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pembelajaran yang dilakukan pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu guru kurang memotifasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), sehingga siswa kurang tertarik untuk belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) karena pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dianggap sebagai pembelajaran yang menjenuhkan dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan Metode Bermain Peran di kelas V SDN 03 Simpang Haru Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 03 Simpang Haru Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini adalah hasil pengamatan dari setiap tindakan yang dilaksanakan pada proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pengamatan RPP, pengamatan aspek guru dan siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 78,56 dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,43 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil pengamatan aspek guru dan siswa pada siklus I adalah 79,17 dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 91,67 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siswa dilihat dari persentase ketuntasannya, untuk siklus I diperoleh sebesar 48 meningkat pada siklus II menjadi 96.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran,Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:14
Last Modified: 21 Jul 2025 05:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15815

Actions (login required)

View Item
View Item