Hidayati, Sri Wahyu (2014) Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains terhadap Daya Nalar di Kelas XI SMAN 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SRI_WAHYU_HIDAYATI_96924_5498_2014.pdf [thumbnail of B1_5_SRI_WAHYU_HIDAYATI_96924_5498_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SRI_WAHYU_HIDAYATI_96924_5498_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan penalaran sangat dibutuhkan dalam kehidupan sebagai dasardalam memecahkan masalah kehidupan. Salah satu upaya yang dapat dilakukanuntuk mengembangkan penalaran peserta didik adalah dengan menerapkanketerampilan proses sains pada pelaksanaan pembelajaran Penggunaanketerampilan ini mempunyai tujuan agar peserta didik mampu mencari danmenemukan sendiri berbagai jawaban atau persoalan-persoalan yang dihadapinyadengan mengadakan rangkaian kegiatan keterampilan proses sains. Oleh sebab itu,peneliti menyusun LKS Fisika dengan menggunakan keterampilan-keterampilanyang ada pada keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh penerapan LKS berbasis keterampilan proses sains terhadapdaya nalar siswa di kelas XI SMAN 3 Payakumbuh.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan randomizedcontrol group only design, dengan populasi siswa kelas XI SMAN 3 Payakumbuhyang terdaftar pada tahun ajaran 201/2014. Pengambilan sampel yang digunakanyaitu teknik purposive sampling. Sampel adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelaseksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian adalahkemampuan daya nalar fisika siswa. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar.Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata kemampuan daya nalar siswakelas eksperimen 68,86 berada pada kategori cukup dan rata-rata kemampuandaya nalar siswa kelas kontrol 62,99 berada pada kategori sedang. Data yangdiperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata melalui uji t.Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yangberarti penggunaan LKS berbasis keterampilan proses sains terhadap daya nalardi kelas XI SMAN 3 Payakumbuh dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengandemikian, penggunaa LKS berbasis keterampilan proses sains dapat meningkatkandaya nalar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBAR KERJA SISWA, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAYA NALAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:14 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15813 |