Peningkatan Hasil Belajar Jaring-Jaring Bangun Ruang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 19 Tanjung Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung

Ariani, Gusmaliza (2012) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-Jaring Bangun Ruang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 19 Tanjung Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_GUSMALIZA_ARIANI_09926_5619_2012.pdf] Text
B1_6_GUSMALIZA_ARIANI_09926_5619_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi jaring-jaring
bangun ruang di SDN 19 Tanjung Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung
disebabkan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru dalam
proses pembelajaran. Project Based Learning (PBL) merupakan salah satu model
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh
karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan
perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar jaring-jaring bangun
ruang dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL)
di kelas IV SDN 19 Tanjung Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung tahun
pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan subjek penelitiannya
semua siswa kelas IV SDN 19 Tanjung Kecamatan Koto VII Kabupaten
Sijunjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 20 orang.
Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi, dan rubrik
penskoran. Teknik analisis data tes tertulis dianalisis secara statistik, data dari
lembar observasi dilakukan teknik analisis persentase, dan data dari rubrik
penskoran dianalisis berdasarkan skor rata-rata tiap produk.
Hasil penelitian pada ranah kognitif siklus I menunjukkan nilai ratarata
tes siswa adalah 6 dan siklus II 7,8. Pada ranah afektif aktivitas dan tingkah
laku siswa telah memenuhi kriteria baik pada setiap aspek pengamatan. Hal ini
terbukti melalui persentase perkembangan tingkah laku siswa dari siklus I 60%
dan siklus II 86%. Sedangkan pada ranah psikomotor, setiap kelompok telah
mampu menyelesaikan produk hasil proyek dengan tepat. Hal ini terlihat pada
perkembangan skor rata-rata tiap produk dari siklus I yaitu 72 dan siklus II adalah
81. Berdasarkan hasil belajar untuk tiga ranah yang diamati dapat disimpulkan,
bahwa “Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Project
Based Learning (PBL) pada materi jaring-jaring bangun ruang lebih baik
dibandingkan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional”.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:10
Last Modified: 21 Jul 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15812

Actions (login required)

View Item
View Item