Taufioniota, Vilna (2013) Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 12 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_VILNA_TAUFIONITA_12749_6748_2013.pdf [thumbnail of B1_5_VILNA_TAUFIONITA_12749_6748_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_VILNA_TAUFIONITA_12749_6748_2013.pdf
Download (804kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode dalam pembelajaran fisika kebanyakan masih terpusat pada guru, sehingga siswa cenderung hanya menerima materi dan kurang terjadi interaksi antar siswa. Pembelajaran seperti ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya keaktifan siswa di kelas. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membangun interaksi siswa di kelas adalah dengan menerapkan model Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Quantum Teaching berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 12 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimental Research dengan model rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 12 Sijunjung pada tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Sampling. Dua kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, format observasi ranah afektif dan lembaran penilaian psikomotor. Data dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen untuk aspek kognitif adalah 62,88 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 50,31. Setelah dilakukan uji t diperoleh t h = 3,673 dan t t = 1,68 (t h berada di luar daerah penerimaan H 0 ) sehingga hipotesis kerja diterima. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen untuk aspek afektif adalah 75,9 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 73,07. Setelah dilakukan uji t diperoleh t h = 1,864 dan t t = 1,68 (t h berada di luar daerah penerimaan H 0 ) sehingga hipotesis kerja diterima. Pada ranah psikomotor setelah dilakukan uji t diperoleh t h = 2,839 dan t t = 1,68 (t h berada di luar daerah penerimaan H 0 ) sehingga hipotesis kerja diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Quantum Teaching berbantuan LKS terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 12 Sijunjung pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:10 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15810 |