Adiwangsa, Rafika Rahmawati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team (LT) di Kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAFIKA_RAHMAWATI_ADIWANGSA_04318_221_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAFIKA_RAHMAWATI_ADIWANGSA_04318_221_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAFIKA_RAHMAWATI_ADIWANGSA_04318_221_2013.pdf
Download (519kB)
Abstract
Proses pembelajaran PKn di kelas IV menunjukkan masih rendahnya keterlibatan siswa secara aktif, siswa jarang bertanya tentang materi pelajaran. Disamping itu, siswa cepat merasa bosan dan tidak konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran karena guru kurang menggunakan pendekatan yang dapat merangsang keaktifan siswa. Hal ini terjadi terus menerus sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Untuk itu peneliti menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team (LT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team (LT) di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif,yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 20 Indarung dan guru kelas IV.Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team (LT) dan terdiri dari siklus I dan siklus II. Data penelitian ini diperoleh dengan observasi dan tes. Hasil analisis data penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan mengalami peningkatan.Hal ini terlihat pada perencanaan siklus I yang telah dirancang memperoleh nilai pertemuan I 78,57% dan pertemuan II 89,28% meningkat menjadi 96,42% pada siklus II.Aktifitas guru pada siklus I memperoleh nilai pertemuan I 72,91% dan pertemuan II 85,41% meningkat menjadi 93,75% pada siklus II,sedangkan aktifitas siswa pada siklus I memperoleh nilai pertemuan I 70,83% dan pertemuan II 81,25% meningkat menjadi 91,66% pada siklus II. Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 76,99 menjadi 85,09 pada siklus II.Dengan disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team (LT) di Kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kewarganegaraan,Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:09 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15809 |