Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB dan KPK Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN 13 Gadut Agam.

Miranda, Gita Yulia (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB dan KPK Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN 13 Gadut Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_GITA_YULIA_MIRANDA_16129321_106_2021.pdf] Text
B1_6_GITA_YULIA_MIRANDA_16129321_106_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika berpusat pada guru. guru
masih mengajar dengan menggunakan metode ceramah, kurangnya tindakan yang
melibatkan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, peningkatan hasil belajar siswa pada
materi FPB dan KPK menggunakan model Problem Based Learning di Kelas IV
SDN 13 Gadut Agam.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
mrenggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam 2 siklus.
Siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap
siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 13 Gadut
Agam dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Teknik yang digunakan adalah
teknik pengumpulan data dengan instrument penelitian yaitu lembar observasi dan
lembar tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I
dengan rata-rata presentase 87% dengan kriteria baik (B) kemudian meningkat
pada siklus II menjadi 93% dengan predikat (SB), b) pelaksanaan aktivitas guru
siklus I dengan rata-rata persentase 83,7% dengan kriteria baik (B), meningkat
pada siklus II menjadi 93% dengan kriteria sangat baik (SB), c) pelaksanaan
aktivitas siswa siklus I memperoleh peningkatan dengan rata-rata persentase
81,5% dengan predikat baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 90% dengan
kriteria (SB), dan d) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 74,39
(B), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,74 dengan predikat (A).
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning
(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika
materi FPB dan KPK di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PBL, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:09
Last Modified: 21 Jul 2025 04:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15803

Actions (login required)

View Item
View Item