VEPSA, LILA (2012) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Strategi Cooperative Learning Dengan Konvensional Dalam Pembelajaran Musik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LILA_VEPSA_83814_3362_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_LILA_VEPSA_83814_3362_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LILA_VEPSA_83814_3362_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membedakan hasil belajar siswa antara penggunaan dua strategi pembelajaran yang berbeda yaitu strategi cooperative learning dan konvensional dalam pembelajaran musik di SMP Negeri 4 Payakumbuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi cooperative learning dengan konvensional pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2011/2012 ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdapat di SMP Negeri 4 Payakumbuh yang belajar mata pelajaran Seni Budaya ( Seni Musik) sebanyak 282 siswa, sampel penelitiannya adalah kelas VIII yaitu kelas VIII 7 dan kelas VIII yang masing-masing kelas berjumlah 35 siswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik claster Sampling (sampling berkelompok/ kelas). 8 Strategi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu strategi cooperative learning dengan metode diskusi kelompok kecil dengan teknik quiz kelompok pada kelas eksperimen (VIII ) dan strategi konvensional dengan metode diskusi kelompok kecil dengan diskusi kelompok biasa pada kelas control (VIII 7 ). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran musik pada kelas eksperimen nilainya adalah sebesar 81,6571, sedangkan Rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran musik pada kelas kontrol nilainya adalah sebesar 79,0286. (2) Hasil dari uji hipotesis, diperoleh t hitng = 5,328 dan t = 1,688 pada taraf signifikansi 0,05. Karena t hitung > t tabel tabel maka hipotesis Ho ditolak. Artinya hipotesis penelitian H yang mengatakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara penggunaan Strategi Cooperative Learning dengan Strategi Konvensional, diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative learning, Pembelajaran Musik, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:09 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15801 |