Susmiati, Susmiati (2014) Penggunaan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV SDN 14 Salo Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SUSMIATI_93584_2341_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_SUSMIATI_93584_2341_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SUSMIATI_93584_2341_2014.pdf
Download (687kB)
Abstract
Berdasarkan refleksi awal, peneliti mendapatkan data dan informasi bahwa hasil pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 14 Salo Kecamatan Baso masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa, sehingga pembelajaran terkesan abstrak, guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran yang mampu membangkitkan daya pikir dan kreativitas siswa, guru belum maksimal melaksanakan proses pembelajaran yang didasarkan pada penemuan, siswa belum aktif dalam kelompok, guru jarang menghadirkan model pembelajaran serta guru jarang melakukan refleksi pada akhir pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar IPA dengan pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 14 Salo Kecamatan Baso. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian siklus I menunjukkan hasil pengamatan terhadap RPP adalah 80,35% (baik) meningkat menjadi 94,64% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas guru siklus I adalah 76,78% (cukup) meningkat menjadi 91,07% (sangat baik) pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa siklus I adalah 69,64% (cukup) meningkat menjadi 85,71% (baik) pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 66,09% (cukup) meningkat menjadi 83,40 (baik) pada siklus II. Peneliti mengambil simpulan pada penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 14 Salo Kecamatan Baso.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:10 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15800 |