Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi Preview,Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R) di Kelas IV SD N 13 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Mardhia, Lika (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi Preview,Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R) di Kelas IV SD N 13 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LIKA_MARDHIA_93736_1380_2012.pdf] Text
final_B1_6_LIKA_MARDHIA_93736_1380_2012.pdf

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataaan di lapangan yaitu SDN 13
batu gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, bahwa dalam proses
pembelajaran siswa belum menggunakan teknik yang tepat dalam membaca
intensif, seperti membaca selintas sebelum melakukan membaca yang sebenarnya,
ketika membaca masih menunjuk bahan bacaan dengan jari atau alat tulis, bibir
siswa yang komat kamit ketika membaca bahan bacaan, dan kebiasaan membaca
dengan menggerakkan kepala, serta tidak adanya mengulang bahan bacaan dan
menjawab pertanyaan setelah kegiatan membaca selesai dilaksanakan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran pada tahap
prabaca, saatbaca, dan pascabaca dengan menggunakan strategi PQ4R dalam
pembelajaran membaca intensif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas kegiatan
perencanaan, pelaksanaan, yang disertai observasi, dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas IV SDN 13 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota
Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa strategi PQ4R dapat
meningkatkan keterampilan membaca intensif, terdapat 6 langkah strategi PQ4R
yaitu: 1) preview, 2) question, 3) read, 4) reflect, 5) recite, 6) dan review.
Hasil penilaian penelitian siklus I menunjukkan ketercapaian yang
diperoleh siswa pada tahap prabaca 65.4%, tahap saatbaca 77.9%, tahap
pascabaca 75.7%. Oleh sebab itu penelitian dilanjutkan pada siklus II yang
diperoleh siswa adalah tahap prabaca 85.5%, tahap saatbaca 89.4%, tahap
pascabaca 89.2%. Persentase hasil pembelajaran siswa pada siklus I adalah 75.7%
dan pada siklus II adalah 88.1%. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan
bahwa keterampilan membaca intensif dengan menggunakan strategi PQ4R di
kelas IV SDN 13 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang dapat
meningkat dengan persentase peningkatan 14.5%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, PQ4R
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:08
Last Modified: 21 Jul 2025 04:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15788

Actions (login required)

View Item
View Item