Peningkatan Kemampuan Pembelajaran Sains melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-kanak Al Fauzan Kota Pariaman

Susanti, Eltiva (2013) Peningkatan Kemampuan Pembelajaran Sains melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-kanak Al Fauzan Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_ELTIVA_SUSANTI_99063_99063_2013.pdf] Text
final_B1_07_ELTIVA_SUSANTI_99063_99063_2013.pdf

Download (976kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini karena pembelajaran sains anak belum berkembang. Yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran sains anak melalui metode eksperimen Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B3 di tahun ajaran 2012/2013, dengan jumlah anak 12 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran sains melalui metode eksperimen, dari pelaksanaan pada siklus I yang perkembangannya masih rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal (KKM). Sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus II peningkatan pembelajaran sains melalui metode eksperimen menunjukkan hasil yang positif, dan terlihat telah tercapainya kriteria ketuntasan minimal. Dan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran sains anak di Taman Kanak-kanak Al Fauzan Kota Pariaman

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:05
Last Modified: 21 Jul 2025 05:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15787

Actions (login required)

View Item
View Item