Pembelajaran Musik Perkusi Menggunakan Media Audio Visual Bagi Siswa Tunagrahita di SLB N 2 Padang

Devitra, Alvis Candra (2019) Pembelajaran Musik Perkusi Menggunakan Media Audio Visual Bagi Siswa Tunagrahita di SLB N 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Alvis_Candra_Devita_15023002_2731_2019.pdf] Text
final_B1_06_Alvis_Candra_Devita_15023002_2731_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran musik
perkusi menggunakan media audio visual bagi siswa tunagrahita di SLB N 2
Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode desktiptif.
Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan
instrument pendukung seperti alat tulis, kamera dan tape rekorder. Jenis data
dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi
pustaka. Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah klasifikasi data,
klarifikasi data, menganalisis data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya media audio visual
dapat menjadikan pembelajaran lebih efektif siswa dari tidak bisa memainkan
pola-pola ritmis saat mengikuti lagu Indonesia Raya menjadi bisa, terlihat dengan
media audio visual siswa dapat lebih memahami materi pelajaran serta dapat
meningkatkan daya ingat siswa dan menjadikan analisa siswa lebih tajam.
Memicu terstrukturnya materi pelajaran yang disajikan oleh guru, terkelola dan
terlaksana sesuai yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Musik Perkusi, Media Audio Visual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:08
Last Modified: 21 Jul 2025 04:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15784

Actions (login required)

View Item
View Item