Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Cooperatif Learning tipe Jigsaw di Kelas IV SD N 04 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung

Yulia, Risya (2012) Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Cooperatif Learning tipe Jigsaw di Kelas IV SD N 04 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RISYA_YULIA_52103_532_2013.pdf] Text
final_B1_6_RISYA_YULIA_52103_532_2013.pdf

Download (871kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa
pembelajaran yang diberikan guru kurang diminati oleh siswa, karena
pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga siswa menjadi bosan. Oleh
sebab itu peneliti ingin memperbaiki pembelajaran dalam penelitian ini dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang bertujuan untuk
meningkatkan proses pembelajaran PKn dan hasil belajar siswa di kelas IV SD
Negeri 04 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa
ditempatkan pada kelompok belajar yang beranggotan 4 sampai 6 orang siswa
yang merupakan campuran dari kemampuan akademik yang berbeda sehingga
dalam setiap kelompok terdapat siswa yang berprestasi tinggi, sedang, san rendah.
Adapun langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah: Pemberian
informasi, pembentukan kelompok asal yang terdiri dari 4-6 orang, pembentukan
kelompok ahli, diskusi kelompok ahli, pemberian informasi ke anggota kelompok
asal, persentase kelas, kuis/evaluasi, penghargaan kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw proses pembelajaran PKn di Kelas IV SD
Negeri 04 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung dapat dilihat pada persentase
ketuntasan siswa aspek Kognitif siklus I 71,% terjadi peningkatan pada siklus II
menjadi 81.75%, aspek Afektif siklus I 74,17% terjadi peningkatan pada siklus II
menjadi 87.50%, dan aspek psikomotor pada siklus I 77,08% terjadi peningkatan
pada siklus II menjadi 90%. Sehingga diperoleh rekapitulasi nilai pada siklus I
74,08, sedangkan pada siklus II 86,41 Dengan demikian model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw dapat digunakan pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Sikabu
Kecamatan Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Pendidikan, Model Cooperatif Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:07
Last Modified: 21 Jul 2025 04:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15783

Actions (login required)

View Item
View Item