Penyesuaian Diri Siwa di Sekolah dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Kurniawan, Werry (2015) Penyesuaian Diri Siwa di Sekolah dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WERRY_KURNIAWAN_1100557_407_2016.pdf] Text
B1_5_WERRY_KURNIAWAN_1100557_407_2016.pdf

Download (10MB)

Abstract

Makna keberhasilan pendidikan seorang siswa terletak antara lain pada sejauh mana yang telah dipelajari itu dapat membantu yang bersangkutan menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan tuntutan lingkungan kehidupannya.
Setiap siswa mestinya mampu melakukan penyesuaian diri, namun pada kenyataannya masih ada siswa yang belum mampu melakukan penyesuaian diri di sekolah, diantaranya siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru,
siswa tidak menyukai metode mengajar guru, dan masih ada siswa yang melanggar peraturan sekolah, seperti merusak fasilitas belajar sekolah, datang terlambat dan mengenakan seragam sekolah yang tidak rapi. Tujuan penelitian ini
adalah mengungkapkan penyesuaian diri siswa di sekolah yang meliputi (1)penyesuaian diri terhadap guru, (2) penyesuaian diri terhadap mata pelajaran, (3) penyesuaian diri terhadap teman sebaya, (4) penyesuaian diri terhadap lingkungan
fisik sekolah, dan (5) penyesuaian diri terhadap peraturan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan populasi seluruh siswa kelas X, kelas XI, dan kelas XII di SMA Negeri 1 Painan sebanyak 782 siswa. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
teknik proportional random sampling, dan diperoleh sampel sebesar 89 siswa.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan jumlah item
pernyataan 42 butir. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik dengan menentukan nilai mean, standar deviasi, dan skor untuk menentukan kategori penyesuaian diri siswa..
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, (1) penyesuaian diri terhadap guru
cenderung cukup baik, (2) penyesuaian diri terhadap mata pelajaran cenderung cukup baik, (3) penyesuaian diri terhadap teman sebaya cenderung cukup baik, (4)
penyesuaian diri terhadap lingkungan fisik sekolah cenderung cukup baik, dan (5) penyesuaian diri terhadap peraturan sekolah cenderung baik. Dari hasil penelitian yang diperoleh, disarankan kepada guru bimbingan dan
konseling agar dapat merumuskan dan membuat program pelayanan bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam meningkatkan penyesuaian diri di sekolah secara optimal. Kemudian kepada siswa diharapkan untuk bisa
mengembangkan kemampuan penyesuaian diri di sekolah, agar tercapainya tujuan belajar dan sukses dalam prestasi akademik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:23
Last Modified: 21 Jul 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15781

Actions (login required)

View Item
View Item