Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Full Day School di SMP 1 Kota Sawahlunto

Hermanto, Vico (2015) Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Full Day School di SMP 1 Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_VICO_HERMANTO_88083_912_2015.pdf] Text
B1_5_VICO_HERMANTO_88083_912_2015.pdf

Download (741kB)

Abstract

Full day school dapat meningkatkan mutu pendidikan melalui pendalaman
materi, meningkatkan nilai kebersamaan karena sehari penuh di sekolah.
Kenyataannya siswa merasa letih, jenuh, kurang konsentrasi dalam belajar dan masih
adanya siswa yang mengikuti remedial teaching. Padahal full day school yang
diadakan di sekolah membantu siswa dalam kesulitan belajarnya. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang pelaksanaan full day
school.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif
kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 1
Kota Sawahlunto tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 483 orang siswa dengan
sampel penelitian 80 orang siswa. Teknik pengambilan sampel “Stratified Random
Sampling”. Alat pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket. Teknik
analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian memperlihatkan secara umum, persepsi siswa tentang
pelaksanaan full day school dikategorikan baik. Secara khusus (1) persepsi siswa
tentang full day school dari aspek waktu berada pada kategori baik (2) persepsi siswa
tentang full day school dari aspek materi berada pada kategori baik (3) persepsi siswa
tentang full day school dari aspek manfaat dan tujuan berada pada kategori baik.
Dari hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada guru BK agar tetap
menjalankan program full day school dan secara aktif menyelenggarakan berbagai
layanan bimbingan dan konseling dengan kebutuhan sehingga siswa memahami
pentingnya full day school. Guru mata pelajaran hendaknya menyusun strategi
pembelajaran dan bekerja sama dengan guru BK kemudian berdiskusi dalam
membantu siswa yang kurang bersemangat dalam mengikuti full day school.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:07
Last Modified: 21 Jul 2025 04:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15779

Actions (login required)

View Item
View Item