Hubungan antara Latar Belakang Pendidikan dengan Komponen Pembelajaran yang diterapkan oleh Instruktur di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Kota Padang

Hasnur, Fadli (2023) Hubungan antara Latar Belakang Pendidikan dengan Komponen Pembelajaran yang diterapkan oleh Instruktur di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_FADLI HASNUR PLS 90862_508_2013.pdf] Text
B1_4_FADLI HASNUR PLS 90862_508_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh latar belakang pendidikan instruktur
yang bervariasi, ada sebagian instruktur yang berlatar belakang sarjana
kependidikan dan ada yang berlatar belakang sarjana non kependidikan. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran latar belakang pendidikan
instruktur yang sarjana kependidikan dan sarjana non kependidikan di Lembaga
Bimbingan Belajar Primagama Kota Padang, untuk mengetahui gambaran
komponen pembelajaran oleh Instruktur di Lembaga Bimbingan Belajar
Primagama Kota Padang serta mengetahui hubungan keduanya.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan populasi adalah
instruktur di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Kota Padang berjumlah 30
orang dimana semua populasi dijadikan sampel. Teknik penarikan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus. Alat pengumpulan data
yang digunakan adalah angket dengan analisis data perhitungan persentase dan
menggunakan Rumus Product Moment untuk melihat hubungan keduanya. Hasil
penelitian menyatakan bahwa: (1) latar belakang pendidikan instruktur di
Lembaga Bimbingan Belajar Primagama dikategorikan pada tingkat baik. (2)
komponen pembelajaran ditinjau dari aspek metode pembelajaran, materi
pembelajaran maupun dari aspek media pembelajaran di Lembaga Bimbingan
Belajar Primagama Kota Padang dapat dikategorikan pada tingkat baik. (3)
Terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan dengan
komponen pembelajaran yang digunakan instruktur di Lembaga Bimbingan
Belajar Primagama Kota Padang.
Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Latar belakang
instruktur yang sarjana kependidikan mempengaruhi kemampuan instruktur dalam
penerapan komponen pembelajaran. (2) Gambaran komponen pembelajaran yang
diterapkan oleh instruktur pembelajaran baik itu pada aspek metode pembelajaran,
materi pembelajaran, maupun media pembelajaran dapat dikategorikan baik.
(3) Terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan instruktur
sarjana kependidikan dengan komponen pembelajaran yang diterapkan oleh
instruktur di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Kota Padang. Sedangkan
saran yang diberikan adalah (1) Instruktur harus berlatarbelakang sarjana
kependidikan karena akan menentukan keberhasilan instruktur dalam penerapan
komponen pembelajaran, (2) Instruktur dapat meningkatkan lagi penerapan
komponen pembelajaran melalui pelatihan dan pengalaman yang didapat
instruktur, (3) Diharapkan pada penelitian yang lain agar dapat mellihat beberapa
faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:23
Last Modified: 21 Jul 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15776

Actions (login required)

View Item
View Item