Kontribusi Keterampilan Mengikuti ujian Terhadap Hasil Belajar Siswa

Lusiana, Wenny (2013) Kontribusi Keterampilan Mengikuti ujian Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WENNY_LUSIANA_04197_49_2014.pdf] Text
B1_5_WENNY_LUSIANA_04197_49_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi
keberhasilan siswa dalam belajar. Pada dasarnya keterampilan belajar merupakan
kemampuan yang perlu dimiliki oleh seseorang. Mempersiapkan diri dalam
mengikuti ujian tidak dapat dilakukan begitu saja melainkan perlu usaha yang
sungguh-sungguh. Berbagai permasalahan dapat muncul apabila persiapan kurang
matang sehingga timbul rasa cemas, gelisah dan bahkan takut menghadapi ujian.
Keterampilan mengikuti ujian ada 3 yaitu sebelum ujian, sedang ujian dan pasca
ujian. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa belum adanya kesesuaian
keterampilan mengikuti ujian dalam perkembangan hasil belajar siswa. Dengan
demikian penulis tertarik melakukan penelitian yang lebih mendalam. Penelitian ini
bertujuan mengetahui keterampilan mengikuti ujian dan hasil belajar siswa serta
mengetahui kontribusi keterampilan mengikuti ujian terhadap hasil belajar siswa di
SMP Negeri 2 Kecamatan Harau.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif yakni mendeskripsikan kontribusi keterampilan mengikuti ujian terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini terdiri dari 96 responden. Teknik yang digunakan dalam
menentukan sampel yaitu sensus. Adapun jumlah sampel yang didapatkan yaitu sebanyak 96 responden. Data dikumpulkan dengan instrumen menggunakan skala Likert dan hasil belajar berasal dari nilai rapor siswa, dianalisis dengan teknik
Analisis Regresi Liniear Sederhana dan diolah dengan bantuan program SPSS 16. for Windows. Dari hasil penelitian ditemukan keterampilan mengikuti ujian oleh siswa SMP
Negeri 2 Kecamatan Harau tergolong kategori baik. Hasil belajar siswa tergolong pada kategori cukup, sedangkan kontribusi keterampilan mengikuti ujian terhadap
hasil belajar signifikan dengan kontribusi sebesar 11,7 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:23
Last Modified: 21 Jul 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15775

Actions (login required)

View Item
View Item