Dampak Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa di Kelas VII SMP Negeri 35 Padang.

Rahmi, Sri (2014) Dampak Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa di Kelas VII SMP Negeri 35 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SRI_RAHMI_15802_2333_2015.pdf] Text
B1_5_SRI_RAHMI_15802_2333_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni budaya bidang senirupa telah dilakukan oleh guru mata pelajaran, tetapi hasil belajar yang diperoleholeh siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Rendahnya hasil belajar siswadalam mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa, disebabkan beberapa faktor,salah satunya adalah strategi yang digunakan oleh guru dalam prosespembelajaran. Strategi yang seharusnya digunakan guru dalam prosespembelajaran sebaiknya dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran.Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat menjawab permasalahan di atasadalah model pembelajaran Discovery Learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaranDiscovery Learning terhadap hasil belajar seni budaya bidang seni rupa di kelasVII SMP Negeri 35 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimendengan pendekatan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang. Teknik sampel yang digunakan padapenelitian ini adalah simple random sampling. Kelas yang dipilih sebagai sampelpenelitian adalah kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagaikelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah memberikantes hasil belajar, sedangkan alat pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkanperbedaan dari dua rata-rata nilai, sehingga dilakukan dengan uji hipotesis yaituthitung = 4,78 > ttabel = 1,98.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar setelahpenerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan nilai rata-rata 82dalam mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa pada siswa kelas VII SMPNegeri 35 Padang, dan hasil belajar menggunakan model pembelajarankonvensional dengan nilai rata-rata 73 dalam mata pelajaran seni budaya bidangseni rupa pada siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang. Oleh karena itu modelpembelajaran Discovery Learning dapat digunakan oleh guru dalam prosespembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada matapelajaran seni budaya bidang seni rupa pada siswa kelas VII SMP Negeri 35Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:23
Last Modified: 21 Jul 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15770

Actions (login required)

View Item
View Item