Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs KELAS VII Semester 2 untuk Diintegrasikan dengan Materi Tsunami

Safitri, Ardila (2018) Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs KELAS VII Semester 2 untuk Diintegrasikan dengan Materi Tsunami. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ARDILA_SAFITRI_14033074_4178_2018.pdf] Text
B1_05_ARDILA_SAFITRI_14033074_4178_2018.pdf

Download (7MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sering mengalami bencana alam. Upaya
mitigasi bencana yang harus dilakukan yaitu menambahkan pengetahuan dan
pemahaman tentang bencana melalui pendidikan. Mata pelajaran yang sesuai
untuk diintegrasikan dengan materi bencana adalah mata pelajaran IPA. Struktur
kurikulum untuk satuan pendidikan adalah pendidikan yang sesuai dengan potensi
keunggulan daerah dan kebutuhan/tuntutan daerah. Hal inilah yang menyebabkan
pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan materi Tsunami cocok sekali
diterapkan di Indonesia terutama daerah Sumatera Barat. Keterlaksanaan
kurikulum 2013 tergantung pada keterlaksanaan Standar Isi yang menjadi celah
untuk mengintegrasikan materi IPA dengan materi Tsunami dan Standar Sarana
dan Prasarana yaitu buku teks pelajaran. Perlu adanya pengembangan buku teks
pelajaran yang terintegrasi dengan materi Tsunami. Namun sebelum
mengintegrasikan materi Tsunami dengan materi IPA, perlu adanya analisis untuk
melihat tingkat kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks
pelajaran IPA yang digunakan dan perlu adanya analisis untuk melihat materi IPA
yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi Tsunami. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tingkat kesesuain materi IPA dengan tujuan kurikulum pada
buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII semester 2 dan untuk mengetahui
tingkat kesesuaian materi IPA pada buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII
semester 2 dengan materi Tsunami.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi data
dalam penelitian ini adalah seluruh buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII
semeter 2 yang diterbitkan di Indonesia dan Sampel data dalam penelitian ini
adalah buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII semester 2 yang diterbitkan
oleh Kemendikbud edisi revisi tahun 2017 yang ditulis oleh Wahono widodo, dkk
dan yang diterbitkan oleh Erlangga yang ditulis oleh Eka purjiyanta, dkk. Data
pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen penilaian dan teknik
pengumpulan data melalui studi dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesesuain materi IPA
dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA yang diterbitkan oleh
Kemendikbud edisi revisi tahun 2017 adalah 71,2% dengan kategori cukup sesuai
dan pada buku teks pelajaran yang diterbitkan oleh Erlangga adalah 80,2% dengan
kategori sesuai. Kemudian tingkat kesesuaian materi IPA pada buku teks
pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII semester 2 dengan materi Tsunami adalah
32,8% dengan kategori tidak sesuai. Buku teks pelajaran IPA yang diterbitkan
oleh Erlangga memiliki tingkat kesesuaian yang lebih tinggi dan materi IPA kelas
VII semester 2 tidak sesuai untuk diintegrasikan dengan materi Tsunami.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian Materi Tujuan Kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:22
Last Modified: 21 Jul 2025 03:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15765

Actions (login required)

View Item
View Item