Upaya Siswa Diklat dan Guru BK dalam Mengatasi Masalah Belajar di SMAN 5 Padang

Harlin, Welni (2012) Upaya Siswa Diklat dan Guru BK dalam Mengatasi Masalah Belajar di SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WELNI_HARLIN_83205_4258_2012.pdf] Text
B1_5_WELNI_HARLIN_83205_4258_2012.pdf

Download (803kB)

Abstract

Proses belajar akan dapat berjalan apabila siswa terbebas dari masalahmasalah yang mengganggu proses belajarnya.
Kenyataannya masih banyak siswa yang memiliki masalah belajar termasuk siswa diklat, di mana siswa diklat
memiliki dua tanggung jawab yaitu belajar di sekolah dan mengikuti latihan olahraga di pusat latihan sesuai bidang olahraganya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan upaya siswa diklat dan guru BK dalam mengatasi masalah
belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa diklat di SMA N 5 Padang berjumlah 70 orang dan guru BK di SMA N 5 Padang sebanyak 7 orang. Data dalam penelitan ini dikumpulkan melalui angket yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) upaya yang sudah dilakukan oleh siswa diklat untuk mengatasi masalah keterampilan bertanya tergolong cukup baik dan upaya yang sudah dilakukan oleh guru BK untuk
mengatasi masalah keterampilan bertanya tergolong baik. (2) upaya yang sudah dilakukan oleh siswa diklat untuk mengatasi masalah kelengkapan catatan tergolong cukup baik dan upaya yang sudah dilakukan oleh guru BK untuk mengatasi masalah kelengkapan catatan tergolong baik. (3) upaya yang sudah
dilakukan oleh siswa diklat untuk mengatasi masalah motivasi belajar tergolong cukup baik dan upaya yang sudah dilakukan oleh guru BK untuk mengatasi masalah motivasi belajar tergolong baik. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada guru BK agar memberikan pelayanan khusus kepada siswa diklat yaitu program untuk mengembangkan bakat olahraga yang dimilikinya serta meningkatkan prestasi olahraga yang ditekuninya melalui pelayanan bimbingan konseling seperti
layanan informasi, bimbingan kelompok dan layanan konseling perorangan.Selain itu juga disarankan kepada guru BK agar menyiapkan program layanan untuk mengatasi masalah belajar melalui layanan penguasaan konten dan layanan informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:15
Last Modified: 21 Jul 2025 02:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15761

Actions (login required)

View Item
View Item