Jufri, Jufri (2020) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Tahapan Kastolan di Kelas Viii Smp Negeri 7 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_JUFRI_14029033_1640_2020.pdf [thumbnail of B1_01_JUFRI_14029033_1640_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_01_JUFRI_14029033_1640_2020.pdf
Download (4MB)
Abstract
Analisis kesalahan siswa merupakan suatu hal yang penting dilakukan guna 
mengetahui penguasaan materi mereka. Pada kenyataannya, ditemukan fakta 
bahwa terdapat kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP N 7 Sijungng 
dalam menyelesaikan soal matematika materi kubus dan balok. Kesalahan yang 
dilakukan siswa perlu diidentifikasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran. 
Berdasarkan informasi tersebut dilakukan penelitian untuk menganalisis 
kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP N 7 Sijunjung dengan tujuan 
untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan 
soal matematika pada materi kubus dan balok. 
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Kelas subjek 
penelitian adalah siswa kelas VIII-3 SMP N 7 Sijunjung. Terdapat  29 siswa yang 
mengikuti tes. Data dalam penelitian ini adalah data hasil tes. Data dianalisis 
berdasarkan teknik analisis kualitatif, reduksi data, penyajian data, dan 
kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan 
meliputi: 1) kesalahan konseptual, yaitu siswa tidak dapat memilih maupun 
menerapkan rumus volume kubus dan balok, siswa salah dalam menentukan 
rumus luas permukaan balok dan siswa tidak menuliskan rumus luas permukaan 
dinding berbentuk balok, 2) kesalahan prosedural, yaitu siswa salah dalam 
menentukan langkah dalam menyelesaikan soal dan siswa tidak menyelesaikan 
soal sampai pada hasil akhir, 3) kesalahan teknik, yaitu siswa melakukan 
kesalahan dalam menentukan nilai dari operasi hitung dan salah dalm penggunaan 
operasi hitung.  
Berdasarkan hasil analisis, kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII-3 SMP 
Negeri 7 Sijunjung dalam meneyelesaikan soal geometri materi kubus dan balok 
dengan kesalahan terbanyak yaitu kesalahan prosedural sebesar 51.43%, 
kemudian kesalahan konseptual sebesar 45.71%, dan kesalahan teknik sebesar 
2.86%. Siswa melakukan kesalahan karena merasa kesulitan dan kurang mengerti 
dalam melakukan langkah penyelesaian soal, siswa tidak mengulang 
pembelajaran dirumah, siswa ceroboh dalam mengerjakan soal dan siswa  tidak 
memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakan siswa sebelum dikumpulkan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 | 
| Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd | 
| Date Deposited: | 13 Feb 2025 01:47 | 
| Last Modified: | 13 Feb 2025 01:47 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1576 | 
 
         