Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Konsultasi Remaja (SKR) di SMA N 7 Padang

Weldiana, Weldiana (2012) Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Konsultasi Remaja (SKR) di SMA N 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WELDIANA 01319_6201_2012.pdf] Text
B1_5_WELDIANA 01319_6201_2012.pdf

Download (716kB)

Abstract

Sanggar Konsultasi Remaja (SKR) merupakan suatu organisasi
ekstrakurikuler yang melaksanakan kegiatan konseling oleh konselor muda atau ko konselor (koko) kepada teman sebaya yang mengalami permasalahan. Koko diharapkan mengikuti pembinaan kegiatan ekstrakurikuler SKR dengan serius dan
sungguh-sungguh agar dapat melaksanakan konseling terhadap teman sebaya sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan konseling. Namun, ditemui di SMA N 7 Padang, beberapa koko yang kurang berminat mengikuti pembinaan kegiatan
ekstrakurikuler dan belum melaksanakan kegiatan konseling sesuai dengan tahaptahap pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler SKR di SMA N 7 Padang yang ditinjau dari pendapat koko
tentang pembinaan kegiatan ekstrakurikuler SKR oleh guru BK dan penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler SKR oleh koko.
Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif jenis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA N 7 Padang yang menjadi anggota SKR pada tahun ajaran 2011-2012 yang berjumlah 50 orang dan jumlah sampel juga 50
orang. Instrumen penelitian ini berupa angket yaitu angket pendapat koko tentang pembinaan kegiatan ekstrakurikuler SKR oleh guru BK dan angket penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler SKR oleh koko. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan teknik persentase melalui bantuan program Microsoft Office Excel. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler SKR di SMA N 7 Padang baik. Secara keseluruhan pendapat siswa tentang pembinaan kegiatan ekstrakurikuler SKR oleh guru BK tergolong baik dan penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler SKR oleh koko sudah terlaksana. Berdasarkan temuan penelitian disarankan agar guru BK dapat mempertahankan upaya yang sudah baik dan meningkatkan upaya yang belum
baik dalam hal waktu, tempat, media, metode dan materi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler SKR. Misalnya dengan menambah permainan-permainan dalam memberikan penjelasan materi terhadap siswa agar suasana pembinaan menjadi
lebih menyenangkan. Diharapkan kepada koko atau anggota SKR dapat meningkatkan penyelenggaraan kegiatan SKR sesuai dengan tahapan penyelenggaraan konseling, misalnya menyusun laporan secara tertulis setelah melaksanakan konseling. Kepada Kepala sekolah diharapkan dapat menyediakan
fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kelancaran kegiatan ekstrakurikuler SKR seperti ruangan untuk latihan konseling. Kepada Pimpinan jurusan Bimbingan dan Konseling agar melakukan pengkajian ilmiah tentang kegiatan ekstrakurikuler SKR. Kemudian kepada peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian tentang materi pelaksanaan SKR secara kualitatif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 00:59
Last Modified: 21 Jul 2025 00:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15759

Actions (login required)

View Item
View Item