Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC) Berorientasi Kegiatan Laboratorium terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA N 2 Padang Panjang

Wahyuni, Hilda (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC) Berorientasi Kegiatan Laboratorium terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA N 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HILDA_WAHYUNI_16025_2863_2014.pdf] Text
B1_5_HILDA_WAHYUNI_16025_2863_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran fisika di SMAN 2 Padang Panjang masih didominasi oleh metode ceramah yang menyebabkan rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran fisika. Selain itu, kurangnya kegiatan laboratorium menyebabkan siswa kurang memahami konsep yang dipelajari. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa pada ketiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar fisika ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle yang diiringi kegiatan percobaan di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle yang diikuti kegiatan laboratorium terhadap hasil belajar fisika siswa di SMAN 2 Padang Panjang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomize Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Padang Panjang yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster random sampling, dan terpilih kelas X1 (kontrol) dan X2 (eksperimen) sebagai kelas sampel. Data penelitian adalah hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian berupa lembaran tes (pilihan ganda dan uraian) untuk ranah kognitif, lembar observasi untuk ranah afektif, dan rubrik penskoran untuk ranah psikomotor. Data yang diperoleh diuji dengan uji hipotesis tentang uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan statistik uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen pada ketiga ranah (kognitif, afektif, dan psikomotor) lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis uji kesamaan dua rata-rata menggunakan statistik uji t, ternyata diperoleh perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berarti pada taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle yang diikuti kegiatan laboratorium berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa di SMAN 2 Padang Panjang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:56
Last Modified: 18 Jul 2025 09:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15753

Actions (login required)

View Item
View Item