Iqbal, Muhammad (2020) Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_MUHAMMAD_IQBAL_16029067_1610_2020.pdf
Download (9MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Pembangunan 
Laboratorium UNP, ditemukan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta 
didik masih rendah. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memecahkan 
masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif  tipe 
Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan 
kemampuan matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran 
kooperatif  tipe Group Investigation dengan peserta didik yang menggunakan 
model pembelajaran konvensional dan untuk mendeskripsikan perkembangan 
kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan model 
kooperatif  tipe Group Investigation dalam proses pembelajarannya di kelas VII 
SMP Pembangunan Laboratorium UNP. 
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-eksperimen 
dengan rancangan penelitian menggunakan Posttest–Only Control Group Design. 
Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Pembangunan 
Laboratorium UNP Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik 
Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 
VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes 
kemampuan pemahaman konsep berbentuk soal essay. Data yang diperoleh 
dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji 
hipotesis. 
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang 
berarti antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif  
tipe Group Investigation dengan yang tidak menggunakannya. Nilai rata-rata 
kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas 
kontrol. Hal ini berarti, model pembelajaran kooperatif  tipe Group Investigation 
memberikan pengaruh yang signifikan pada pemahaman konsep peserta didik 
kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 | 
| Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd | 
| Date Deposited: | 13 Feb 2025 01:42 | 
| Last Modified: | 13 Feb 2025 01:42 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1575 | 
         