Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Iqbal, Muhammad (2020) Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MUHAMMAD_IQBAL_16029067_1610_2020.pdf] Text
B1_01_MUHAMMAD_IQBAL_16029067_1610_2020.pdf

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Pembangunan
Laboratorium UNP, ditemukan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta
didik masih rendah. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memecahkan
masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan
kemampuan matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation dengan peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran konvensional dan untuk mendeskripsikan perkembangan
kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan model
kooperatif tipe Group Investigation dalam proses pembelajarannya di kelas VII
SMP Pembangunan Laboratorium UNP.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-eksperimen
dengan rancangan penelitian menggunakan Posttest–Only Control Group Design.
Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Pembangunan
Laboratorium UNP Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik
Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan
VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes
kemampuan pemahaman konsep berbentuk soal essay. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji
hipotesis.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
berarti antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Group Investigation dengan yang tidak menggunakannya. Nilai rata-rata
kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas
kontrol. Hal ini berarti, model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation
memberikan pengaruh yang signifikan pada pemahaman konsep peserta didik
kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 13 Feb 2025 01:42
Last Modified: 13 Feb 2025 01:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item
View Item