Purnamasari, Gita Fitri (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 11 Lolong Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_GITA_FITRI_PURNAMASARI_1100654_1732_2016.pdf [thumbnail of B1_6_GITA_FITRI_PURNAMASARI_1100654_1732_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_GITA_FITRI_PURNAMASARI_1100654_1732_2016.pdf
Download (592kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa siswa
mengalami kesulitan dalam menyampaikan gagasan, pikiran dan perasaaannya,
ragu-ragu dalam berbicara, sulit memilih kata, stuktur kalimat yang diucapkan
serta kelogisan (penalaran) bahasa yang disampaikan kurang. Guru lebih terfokus
kepada pengajaran bahasa Indonesia dalam teoritik saja namun kurang pada sisi
aplikatif berbahasa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dengan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD Negeri 11 Lolong Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru
dan siswa kelas V SD dengan jumlah siswa 32 orang. Data penelitian ini meliputi,
(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada rencana pembelajaran pada
siklus I, 71,4% (B) meningkat pada siklus II, menjadi 89,2% (SB). Aktivitas guru
dan siswa meningkat dari siklus I, yaitu 72,2% (B) ke siklus II, menjadi 91,6%
(SB). Sedangkan hasil keterampilan berbicara siswa yang dapat dilihat dari nilai
rata-rata kelas yang terus meningkat dari siklus I, 64,06% (C) meningkat pada
siklus II, menjadi 80,6% (SB). Dengan demikian, pembelajaran dengan model
pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan
berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:56 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15748 |